Kekerasan Terhadap Gereja
Wapres Minta Kepala Polri Bertindak
Laporan Wartawan Kompas Suhartono

JAKARTA, KOMPAS – Wakil Presiden Muhammad Jusuf  Kalla menyatakan dirinya sudah melaporkan tindakan kekerasan dan pengrusakan ratusan gereja di Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini kepada Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal (Pol) Sutanto. Laporan ke Kepala Polri itu dilakukan agar ada tindakan hukum dan pencegahan terjadinya tindak kekerasan serupa di masa datang.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ifdhal Kasim, yang bersama tokoh Nadhlatul Ulama (NU) dan mantan Wakil Ketua Komnas HAM Salahuddin Wahid, seusai diterima oleh Wapres Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (4/1).

“Wapres Kalla sudah meminta Kapolri untuk menindak para pelaku kekerasan terhadap gereja, agar itu tidak terulang lagi. Pembiaran tindak kekerasan terhadap gereja-gereja itu akan merugikan kita sebagai bangsa dan melanggar HAM,” ujar Ifdhal.

Menurut Ifdhal, berdasarkan laporan yang diterimanya dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia serta Konferensi Wali Gereja (KWI), selama tahun 2002 hingga sekarang ini tercatat 108 gereja dipaksa ditutup dengan tindakan kekerasan.

“Oleh karena itu, kami meminta perhatian Wapres Kalla agar tindak kekerasan dan penutupan gereja tidak boleh terjadi lagi di masa datang,” lanjut Ifdhal.[]

Sumber: Kompas